Banyak Kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan dari buah yang satu ini

Salak adalah sejenis tanaman palma dan menghasilkan buah yang bisa untuk dimakan. Kulit buahnya berwarna coklat dan dalam bahasa Inggris disebut salak ataupun snake fruit karena kulit buah ini memiliki sisik seperti ular. Pohon salak berbentuk perdu atau hamper tidak memiliki batang serta berduri banyak dan beranak banyak. Salak memiliki nama ilmiah Salacca Edulis. Salak dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar mapun dapat dibuat manisan ataupun asinan bahkan saat ini salak dapat diolah menjadi keripik yang renyah dan lezat.


Salak merupakan tanaman tropis yang hanya tumbuh di daerah tropis dan banyak diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika. Buah salah ternyata memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Salak ternyata memiliki kandungan kalsium, flavonoida, tannin dan saponin dengan kadar cukup tinggi. Berbagai kandunga nutrisi salak tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Buah Salak :

Manfaat Buah Salak dan Juga Khasiatnya - Manfaat memakan buah salak ternyata dapat memberikan dampak stimulus yang baik bagi tubuh. Ada beragan veritas salakyang biasa kita jumpai di Inddonesia, seperti salak pondoh, bali swaru, dan condet. Manfaat buah salak pada umumnya banyak orang yang belum mengetahuinya.
     Pada buah salak yang sudah matang biasanya memiliki beragam aneka rasa misalkan rasa manis, asam, dan ada juga yang sedikit sepat. Meski tumbuh didaerah tropis, ternyata buah salak ini sangat diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika. Masyarakat eropa dan amerika menyebut salak sebagai snake fruit, karena kulitnya yang bersisik sperti seekor ular. Berikut adalah kandungan dan khasiat yang terdapat pada buah salak.


    1. Kandungan Gizi Buah Salak

 Selain memiliki bentuk yang unik dan rasa yang manis dan asam, ternyata buah salak juga memiliki banyak kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilikalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, zat besi 3,9 miligram. Selain itu  didalam sebuah salak juga mengandung vitamin Csebesar 8,4 miligram.

   2. Manfaat Kesehatan Buah Salak

Dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, tidak mengherankan apabila buah salak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang didapat bagi yang mengonsumsi buah salak antara lain:
  • Meningkatkan Kecerdasan Otak
Penelitian juga mengungkapkan bahwa salak diklam mampu meningkatkan kinerja otak karena kandungan pottasium dan pektin. Pottasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom, yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Brdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan bahwa jurnal "Intregative Center Therapies" kandungan salak berupa pektin dapat mencegah dan mengobati kanker prostat.

  • Membantu Progran Diet
Kandungan serat yang tinggi pada buah salak akan membantu anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan anda untuk makan porsi yang lebih besar. Buah salak baik dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.


  • Mencegah Sembelit
Ada mitos yang berkembang bahwa jika mengonsumsi buah salak maka akan mengakibatkan susah untuk BAB. Padahal mitios tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut F.X Wahyurin Mitano, ahli gizi dari RSUD dr Soetomo mengatakan bahwa sebaiknya ketika mengonsusmsi buah salak jangan anda buang kulit arinya. Sebab kulit ari dalam buah itu adalah mengandung serat, kandungan serat itulah yang memungkinkan untuk mengurangi sembelit pada anda mengonsumsi buah salak. Salak juga memiliki kandungan tanin yang dikenal sebagai anti diare.

  • Menjaga Kesehatan Mata
Buah salak mengandung betakaroten yang efektif untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali daripada buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada semangka. Jika anda bosan dengan Jus Wortel, maka Jus Salak bisa menjadi alternative anda dalam menjaga kesehatan mata anda.

Berdasarkan kultivarnya, di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis spesies. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah :

1.Salak Sidimpuan dari Sumatera Utara,
2.Salak condet dari Jakarta,
3.Salak pondoh dari Yogyakarta
4.Salak Bali dari Bali



Manfaat yang dikandung buah salak diantaranya adalah: untuk obat sakit mata, untuk obat diare atau mencret, untuk membantu program diet, dan untuk cemilan sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banyak Kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan dari buah yang satu ini"

Posting Komentar